Kamis, 07 April 2016

Sensasi Rope Jumping di Jembatan Rajamandala

Persiapan mau terjun ( Rope Jumping ) di jembatan Rajamandala. Dok photo by Barita Jon
Pasti udah pada tau dong yang namanya Bungee Jumping ??? Yups Bungee Jumping adalah semacam aktifitas atau permainan yang agak ekstrim yaitu lompat secara vertikal dari ketinggian tertentu dengan menggunakan tali yang diikat dikaki. Nah kali ini gue bukan mau bahas soal Bungee Jumpingnya, hehe.

Emang mau bahas apaan sih?


Hampir mirip dengan Bungee Jumping sih namanya Rope Jumping, bedanya terletak di peralatan yang digunakan, klo Bungee Jumping menggunakan tali dan peralatan yang memang dirancang khusus untuk aktifitas ekstrim ini. Maka tak ayal untuk sekali Bungee Jumping kita bisa merogoh kocek cukup mahal. Sedangkan Rope Jumping lebih sederhana peralatannya, hanya menggunakan alat2 yang biasanya digunakan untuk memanjat tebing seperti tali kemmantel, seat harness dan beberapa peralatan lainnya yang menjamin tingkat keamanan setara dengan alat yang digunakan Bungee Jumping.

Nah ada nih satu tempat di daerah perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur tepatnya di daerah Desa Mandalawangi, namanya jembatan Rajamandala. Di jembatan ini dimanfaatkan oleh sejumlah pemuda2 yang suka dengan aktifitas ektrim dan salah satunya Rope Jumping ini.

Awalnya sih sempet deg-degan pas dateng dan liat ada beberapa orang yang nyobain Rope Jumping di jembatan itu. Bisa gak ya gue lompat di jembatan setinggi kurang lebih 50 meter itu??. Satu persatu deh tuh orang lompat dan di angkat sama beberapa orang dari team mereka.

Nah sampe juga nih akhirnya giliran gue buat lompat, sebelum lompat dipasanglah dulu helm dan harness yang udah disangkutin sama talinya. Trus kita berdiri di pinggir jembatan yang di bawahnya sungai yang ga tau deh itu airnya dalem apa ga, haha. Jreng jrenggggg....!!!! pas liat ke bawah rada ser-seran juga sih pertamanya, tapi akhirnya gue langsung terjun bebas aja. Klo gue pribadi sih rasa takutnya tuh cuma pas mau lompatnya doank, klo udeh pas selesai lompat trus gelantungannya sih malah bikin nagih pengen lompat lagi, haha. Abis lompat nunggu sampe posisi berhenti trus kita diangkat secara manual sama beberapa orang pake katrol.


Belom afdol buat lo lo pade nyang doyan sama maenan ekstrim klo belom maen Rope Jumping, buruan gih pada nyobain kek beginian, dateng aja ke jembatan Rajamandala.
Dok. photo by Narawangsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar