Senin, 25 Januari 2016

Backpackeran ke Lombok


Ceritanya mau solo backpackeran keluar pulau Jawa, cus sendirilah waktu itu gue ke Lombok, berangkatnya sih emang sendiri tapi di Lomboknya mah di ajak muter2nya sama temen gue, haha, kebetulan di Lombok ada temen gue namanya Ato yang lagi dapet tugas dari kantornya selama sebulan, numpanglah gue di penginepan dia selama gue disana, lumayan kan buat ngirit pengeluaran, hehe.
Waktu gue sampe bandara Lombok gue langsung di jemput sama temen gue trus kita ke tempat penginepannya di daerah Mataram, temen gue selama di Lombok nyewa motor buat tugas kantor dia keliling2 Lombok, asyik bangetlah bisa keliling2 Lombok naek motor, paling gue nyumbang buat beli bensin and traktir makan hehe.


Berhubung gue sampe Lomboknya siang hari jadi gue istirahlah dulu sampe sore di penginapan temen gue. Ternyata penginepan temen gue ga jauh dari Pantai Senggigi katanya, sorenya kita langsung cus ke Pantai Senggigi buat liat sunset, nah pas lagi di jalan menuju pantai tiba2 ada yang nelpon ke HP gue, nomernya gue ga kenal, trus gue angkat ehh ga taunya temen gue waktu SMA namanya Aris. Dia tau gue lagi di lombok gegara liat status gue di Facebook dan ternyata dia udah beberapa hari di Gili Terawangan lagi honeymoon sama istrinya namanya Usi, nah rencananya dia ngajak ketemuan buat muter2 di Mataramnya, kita janjianlah buat ketemuan di Mataram besoknya.







Besokannya kita ketemuan dan ternyata temen gue yang dari Gili Terawangan nyewa mobil dari pelabuhan Bangsal ke Mataram, pas banget kan buat ngubek2 sekitaran kota Mataram, hehe. Kita mampir ke desa wisata sentra pembuatan tenun atau songket khas Lombok namanya desa Sukarare disana kita bisa liat cara pembuatan kain tenunnya secara tradisional dan kita juga bisa mencoba belajar ikut membuat kain tenunnya, tenang aja diajarin kok sama ibu2 yang ada disana, hehe. Dan hasil karya tenunnya di jual disana beserta cindremata khas Lombok.








Lanjut kita ke desa wisata Sade, disana kita bisa lihat sejarah kehidupan penduduk desa Sade yang masih tradisional, meskipun listrik sudah masuk di sekitar daerah tersebut, tapi warga desa Sade tetap mempertahankan keaslian desa tersebut dengan tidak memakai listrik untuk kegiatan sehari2. Bentuk bangunannya yang terbuat dari kayu, atap ny terbuat ijuk dan lantainya dari kotoran kerbau, sangat di jaga sekali kelestarian adat istiadat di sana.








Sorenya kita mampir ke pantai Kuta Lombok, pantainya sepi banget, waktu gue kesana ga ada pengunjung lokal, yang ada cuma bule2 yang lagi berjemur di depan cottage2 dan kayanya hampir kebanyakan yang nginep disitu bule. Puas nikmatin pantai kita balik ke penginapan karna temen gue yang lagi honeymoon harus berangkat pagi2 banget mau lanjutin liburannya ke Bali.











Gue sama temen gue si Ato lanjut paginya mo nyebrang ke Gili Terawangan, sebenernya ada dua pulau lagi yang hits juga nama ny Gili Meno dan Gili Air, tapi sayangnya gue ga sempet mampir ke Meno dan Air, gue Cuma maen seharian di Gili Terawangan, sepedahan sambil nikmatin view Gili Terawangan yang ajib banget.









Besok paginya lagi gue diajak sama temen gue ke Pusuk Pass daerah dataran tinggi, mirip Puncak lah kaya di Jawa Barat, tempatnya adem banget, enak klo buat santai2, cuma banyak banget ratusan monyet liar yang berkeliaran disana, yang selalu setia menunggu di sepanjang jalan untuk di beri makan oleh pengunjung. Sepulangnya dari puncak kita ngelewatin tempat yang cukup rame juga, berhentilah kita disitu, salah satu spot yang bagus buat liat sunset katanya, dan ternayata bener banget, tempatnya emang bagus buat liat sunset, namanya Bukit Malimbu.











Ga cukup rasanya cuma sebentar klo buat ngubek2 Lombok, haha karna cuti gue udeh abis mau ga mau gue kudu balik ke Jakarta dan kudu ngelanjutin aktivitas kerja gue. Cus ke bandara and see yaaa Lombok...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar