Kamis, 14 Januari 2016

South Celebes #3 Karst terbesar di dunia ada di Makassar loch...!!!


Waktu maen kesini sih emang belom terlalu rame dan banyak yang belom tau juga, klo sekarang mah udeh mulai rame dan banyak yang dateng kesini. Namanya Dusun Ramang - ramang letakanya di daerah Maros, Makassar, Sulawesi Selatan.

Apaan sih Dusun Ramang - ramang ?



Dusun Ramang - ramang adalah sebuah desa kecil yang ga banyak penduduknya dan kalau mau menuju kesini kita harus naek perahu atau sampan menyusuri sungai, lumayan jauh juga sih track sungai yang kita lewati sampai kita di Dusun Ramang - ramang itu.










Waktu itu kita di jemput dan di ajak muter2 sama guide kita namanya Mas Sukri yang kebetulan dia penduduk asli Dusun Ramang - ramang itu, dia lagi menyelesaiakan kuliah S1 nya di salah satu Universitas di Kota Makassar, kebetulan lagi pas libur jadi dia yang nemenin kita.





























Di Dusun Ramang - ramang ini terkenal banget sama yang namanya Karst. Apaan tuh Karst ?
Karst adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup, drainase permukaan dan goa. Dan Karst di Dusun Ramang - ramang ini adalah Karst terbesar di dunia loch, yang kedua terbesar ada di China, dibawalah kita keliling2 Dusun Ramang - ramang itu.




















Kita pun diajak menuju ke dalam sebuah hutan untuk melihat sebuah telaga alami yang diberi nama Taman Bidadari, kenapa dikasih nama Taman Bidadari?
Konon menurut cerita warga di situ telaga ini adalah tempat para bidadari mandi, untuk menuju ke Taman Bidadari kita juga harus menyusuri sungai dan melewati jembatan kayu juga kita melewati celah bebatuan.


































Sekembalinya kita trekking dari Taman Bidadari badan terasa capek banget, mampirlah kita dirumah Mas Sukri untuk istirahat sejenak sambil duduk2 di saung atau bale di depan rumahnya. Nah pas istirahat ternyata kita udah di gorengin pisang dan dikasih kelapa muda yang langsung dipetik dari pohonnya, beeuuhhhhh seger banget rasanya, laper dan haus jadi hilang semua...










Tidak ada komentar:

Posting Komentar